5 Gunung Untuk Pemula di Pulau Jawa - NDX AKA MUSIC -->

NDX AKA MUSIC

NDX AKA MUSIC : SATU NDX SEJUTA FAMILIA

5 Gunung Untuk Pemula di Pulau Jawa

loading...
loading...
loading...



Jadi, sebenernya....

Gua masih belum pantes sih ngasih saran yang beginian since gunung yang udah pernah gua daki juga belum sebanyak para pendaki gunung profesional dan fenomenal.

Tapi, semenjak gua main ke Bali, gua jadi ngitung-ngitung, ternyata mayan juga yah. Selain itu, banyak pertanyaan yang masuk baik dari instagram gua di @acentris maupun @jalanpendaki dan di LINE Official @jalanpendaki mengenai gunung apa aja sih bang yang cocok buat pemula?

Nah, di sini gua mau share, gunung apa aja sih yang pas buat kamu yang pengen banget rasain naik gunung tapi masih tackut capek, tackut setan, maupun tackut patah hati.

Biar objektif, gunungnya yang udah pernah gua sambangin tentunya. Kalau belum, ntar ngarang banget dong.

Karena pulau Jawa itu membentar dari Barat ke Timur (or vice versa), biar adil gua akan share dari masing-masing daerah minimal satu. Langsung aja, ini dia, 5 Gunung untuk pemula di Pulau Jawa:

Dimulai dari JAWA BARAT, kita punya *drum roll* *kayang*


1. Gunung Papandayan

Gunung Papandayan lumayan sering gua kunjungi dan ulas di sini. Kamu bisa baca ulang di Gunung Papandayan: A Walk To Remember. Bagi aing, Gunung Papandayan emang pas banget buat pemula. Selain aksesnya mudah, kini bahkan tersedia WC kapsul yang bisa dipake siapa aja asal mau ngantri panjang kayak antri diskonan Jco Donut.

Dari segi medan, gak terlalu berat. Bisa ditempuh dalam waktu 2 hingga 4 jam dari Camp David menuju Pondok Salada. Apes-apesnya ya 6 jam lah, itu juga udah ketambahan males-malesan banget di perjalanan. Gunung Papandayan juga dingin banget! Preparationnya juga musti bener dan lengkap. Makanya, cocok banget buat pemula. Gak berat tapi gak bisa disepelekan..

Pemandangannya juga kece badai (kalau terang). Sayangnya, gunung Papandayan kini udah mahal banget. Tapi kalau jadi lebih baik sih harusnya gak papa ya?


2. Gunung Pancar

Setali tiga uang sama Gunung Munara, dan Gunung Batu Jonggol, Gunung Pancar bisa kamu jadikan andalan buat mendaki satu hari di akhir minggu untuk melepas penat. Memang, gunung Pancar gak seperti gunung Papandayan yang musti bawa peralatan lengkap, bahkan ada glamping segala. Tapi, cukup pas kalau buat pemula.

Kamu bisa foto-foto di sana. Pemandangannya nyata. Meskipun gak ada puncaknya, tapi bisa lah muter-muter nyari lapak buat bikin tenda juga udah capek. Gak nyampe sejam sih. Kalau masih kurang nampol ya datengin gunung Munara sama gunung Batu Jonggol aja.

***

Berlanjut ke JAWA TENGAH, kita tampilkan.... *tarakdungces*


3. Gunung Andong

Berbahagialah buat kamu yang tinggal di Jawa Tengah dan sekitarnya. Banyak banget gunung baik yang setinggi angkasa maupun yang cimit-cimit. Seperti yang gua bilang tadi, karena ini based on gunung yang udah gua daki, menurut gua, gunung yang cocok buat pemula di Jawa Tengah salah satunya adalah Gunung Andong.

Pada masanya, gunung ini populer banget. Sampe sekarang sih.

Meski ketinggiannya cetek, tapi gunung Andong cukup mampu bikin rematik kamu kumat. Kedinginan kena angin. Atau ketakutan karna tempat ngecamp sebelahan sama petilasan. Persis kayak di gunung Salak.

Biar gitu, bonusnya cuy, Golden SUNRISE! Maknyos!



4. Gunung Prau

Selain gunung Papandayan, Gunung Prau boleh dibilang andalan gua. Main ke sana udah kayak main ke mall. Berkali-kali (reus, padahal cuma dua kali). Tapi emang gunung Prau ini hampir mirip-mirip sama Papandayan. Saking ramenya, harganya udah naik drastis! Again, asal bikin lebih baik sih okay-okay aja, yekan? Denger-denger sih emang selama tiga bulan mulai dari bulan ini, gunung Prau tutup buat konservasi. Kalau bandel, dendanya mahal!

Lagian, jangan bandel-bandel lah. Kasian gunungnya juga. Kan sayang kalau dia gak cantik lagi.

Ngomong-ngomong soal cantik, gua salah satu pendaki apes yang kalau ke Prau cuma ketemu kabut sama ujan. Boro-boro sunrise dengan pemandangan tiga gunung legendaris yang ada di galeri para pendaki instagram, yang ada cuma rasa dingin dan senyap.

Tapi emang ini gunung cocok banget sih buat pemula. Dari segi medan, gak jauh dan tinggi amat, paling cuma 2-3 jam pendakian. Lapak juga luas buat nenda. Bukit teletubies ada dimana-mana. Pas lah.

***

Terakhir, kita punya JAWA TIMUR. Dan pilihan gua jatuh pada.....



5. Gunung Bromo

Yap.

Bukan mainstream.

Tapi praktis karena baru Gunung Bromo aja, gunung cimit-cimit Jawa Timur yang pernah gua daki. Sisanya ya cuma Gunung Raung, Gunung Semeru, sama Gunung Argopuro doang. Alasannya sepele, karena mencapai Jawa Timur itu perlu persiapan mateng.

You know, dari Jawa Barat, ke Jawa Timur gak cukup 3 hari 2 malem. Why? Karena hampir semua gunung Jawa Timur itu kece Badai! Sayang kalau sebentar doang. Belumm lagi misal naik kereta, bisa sehari semalem sendiri ke sana.

Gunung Bromo boleh dibilang gunung sejuta umat. Siapa aja bisa mampir ke sana. Siapapun bisa mendaki gunung Bromo. Banyak paketan perjalanan pula. Banyak event. Pemandangannya juga gak bisa diremehkan.

So, now you know why i recommend gunung ini buat pemula.

***

Yap, karena cuma lima, ya segitu doang yang bisa gua bagi ke kamu semuanya. Kali aja bisa mengobati kerinduanmu akan gunung. Atau bisa jadi pertimbangan kamu buat planning nanjak kemana tahun ini.

Kalau 5 gunung untuk pemula versi kamu, mana aja?

***

Ingat,

Take nothing but pictures.
Leave nothing but footprints.
Kill nothing but time.

STAY ALIVE!

Happy mountaineering!


loading...
CLICK HERE

0 Komentar 5 Gunung Untuk Pemula di Pulau Jawa

Post a Comment

Kamu Familia dari mana ?

Back To Top